Widget HTML Atas

Karya from Santri

Santri dan Sejarahnya


Bagaimana artikel sebelumnya? Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian. Ok setelah kita bahas santri berkarya, kali ini aku bakal ngajak kalian untuk mengupas tentang “santri”. Apa saja yang bakal kita bahas? Yuk baca sampai habis.

Santri

Di artikel sebelumnya kita sudah sedikit membahas tentang pengertian santri, maka kali ini aku hanya akan memberi sedikit tambahan,
Zamakhsyari Dhofir berpendapat bahwa: “Santri yaitu murid-murid yang tinggal di dalam pesantren untuk mengikuti pelajaran kitab-kitab kuning atau kitab-kitab Islam klasik yang pada umumnya terdiri dari dua kelompok santri yaitu: - Santri mukim yaitu santri atau murid-murid yang berasal dari jauh yang tinggal atau menetap di lingkungan pesantren. - Santri kalong yaitu santri yang berasal dari desa-desa sekitar pesantren yang mereka tidak menetap di lingkungan kompleks peantren tetapi setelah mengikuti pelajaran mereka pulang.

R.A. kartini



Lalu bagaimana dengan hubungan sejarah dan santri? Maka kita akan sedikit membahasnya. Tahu gak? Sejarah membuktikan bahwa santri adalah orang-orang yang ada di garis terdepan dalam memerdekakan bangsa ini? Nah bagaimana itu? Bagi kalian yang pasti tak asing mendengar nama KH Ahmad Dahlan yang merupakan pendiri Muhammadyah, KH Hasyim Asyari tokoh pendiri NU, Bahkan pahlawan emansipasi wanita, RA Kartini juga merupakan santriwati pertama KH Soleh Darat.



Keren banget ya santri Indonesia? Kesuksesan santri tentu tidak lepas dari peran pesantren nya, dan ternyata pesantren merupakan sistem pendidikan tertua di Indonesia. Berdasarkan catatan yang ada, kegiatan pendidikan agama di Nusantara telah dimulai sejak tahun 1596. Kegiatan agama inilah yang kemudian dikenal dengan nama pondok pesantren. Lalu bagaimanakah pesantren pertama di Indonesia? serta siapa sajakah tokoh-tokoh yang berjasa dalam pembangunan pesantren di Indonesia? kita bahas di artikel selanjutnya yaaaa

No comments for "Santri dan Sejarahnya"